Jelang OOC, Kodam IX/Udayana Bersinergi dengan Pemda Bersihkan Pantai

Denpasar, LARASBALINEWS.COM РSesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 2018 tanggal 3 Mei 2018, tentang Panitia Nasional Our Ocen Conference (OOC) Tahun 2018, bahwa OOC akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) pada 29-30 Oktober 2018, Konferensi tersebut  akan dihadiri oleh sekitar 1000 peserta dari berbagai negara termasuk beberapa Kepala Negara dan Pemerintahan disamping juga akan menghadirkan stake holder utama kelautan dan perikanan termasuk sektor swasta, akademisi, mahasiswa maupun lembaga swadaya masyarakat.

Untuk mendukung pelaksanaan OCC dan terkait juga dengan program Gerakan Indonesia Bersih, pada hari ini Minggu (28/10) Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat melaksanakan Karya Bhakti Serentak dalam bentuk pembersihan lingkungan pesisir pantai Pulau Bali.

Untuk di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar Karya Bhakti dipusatkan di empat titik antara lain di Pantai Kuta, Pantai Mertasari, Pantai Padang Galak dan Pantai Biaung.

Karya Bhakti di Pantai Kuta diikuti oleh sekitar 2000 orang dari unsur TNI, Pegawai Negeri Sipil TNI, Pengawai Negeri Pemda Badung, anak-anak pelajar dan masyarakat Kuta, melaksanakan karya bhakti yang diawali dengan pelepasan 1000  ekor Tukik oleh para pejabat dan peserta Karya Bhakti dilanjutkan dengan pembersihan di sepanjang pesisir pantai Kuta. Para Pejabat yang hadir antara lain Menteri Kelautan Dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, Wakil Gubernur Bali, Duta Besar Denmark dan sejumlah undangan pejabat lainnya.

Kemudian untuk kegiatan di Pantai Mertasari, diikuti oleh sekitar 1000 orang dari unsur TNI, Pegawai Negeri di lingkungan TNI, Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Pramuka Saka Wira Kartika, Orari, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Denpasar, Persatuan Pedagang Pantai Merta Sari serta masyarakat Desa Sanur Kauh berbaur melaksanakan pembersihan di pesisir Pantai Mertasari. Para pejabat yang hadir antara lain Wali Kota Denpasar, Waka Polresta Denpasar, Pasi Intel Kodim 1611/Badung, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Denpasar, Sekcam Denpasar Selatan dan Perbekel Desa Sanur Kauh.

Selanjutnya di Pantai Padang Galak diikuti oleh sekitar 2000 orang dari unsur TNI, Polri, Jajaran Dinas OPD Provinsi Bali, LSM dan masyarakat Desa Kesiman Petilan melaksanakan pembersihan di pesisir Pantai Padang Galak di awali dengan kata pengantar dari Plh. Kadis Lingkungan Hidup Propinsi Bali, I Dewa Putu Sunarta, SE., M.Si, Sambutan Gubernur Bali, I Wayan Koster pada intinya mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli dan turut serta menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mewujudkan Nangun Sad Kertih Bali.

Kemudian Waka Polda Bali, Brigjen Pol Drs. I Wayan Sunarta menyampaikan bahwa pihaknya merasa miris karena setiap hari masyarakat kita masih ada yang tertangkap terkait dengan masalah narkoba bahkan pada hari ini ada 4 laporan penangkapan terkait masalah narkoba, untuk itu Waka Polda mengajak mari kita bersihkan diri dan lingkungan dari sampah, narkoba dan premanisme.

Sementara Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, dalam sambutannya pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh hadirin, Kasdam mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu membahu, bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan laut dan sekitarnya.

Sambutan terakhir dari Kolonel Inf I Ketut Budi Astawa, Perwakilan Dephan Provinsi Bali, menyampaikan bahwa kebersihan adalah merupakan sebagian dari iman untuk itu mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, mulai dari daratan/Ibu Pertiwi dan jangan sekali-kali mengotori air.

Para Pejabat yang hadir antara lain, Gubernur Bali, I Wayan Koster, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Waka Polda Bali Brigjen Pol Drs. I Wayan Sunarta, Perwakilan Kemenhan Prov Bali Kolonel Inf I Ketut Budi Astawa, Para Kabalak Kodam IX/Udayana dan para Kepala OPD Setda Provinsi Bali.

Sasaran terakhir di Pantai Biaung diikuti oleh sekitar 1000 orang dari unsur TNI, Pegawai Negeri Sipil TNI, Pegawai Negeri Sipil Kota Denpasar dan masyarakat Kecamatan Denpasar Timur bersama-sama melaksanakan pembersihan di sekitar pesisir Pantai Biaung, Desa Kesiman Kerta Langu, Denpasar Timur. Para pejabat yang hadir antara lain, Kasdim 1611/Badung, Danramil 1611-01/Dentim, Para OPD Kota Denpasar, Camat Denpasar Timur dan Sekdes Kesiman Kerta Langu.

Disamping ke 4 sasaran yang ada di Kabupten Badung dan Kota Denpasar, Karya Bhakti juga dilaksanakan di masing-masing Kabupaten, seperti di Kabupaten Jembrana dilaksanakan di Pantai Perancak, Kabupaten Buleleng di Pantai Kerobokan dan Pantai Penimbangan, Kabupaten Bangli di Danau Batur, Kabupaten Gianyar di Pantai Masceti, Kabupaten Klungkung di Pantai Lepang dan Pantai Kusamba serta di Kabupaten Karangasem di Pantai Ujung. (LBN)