Tes Psikologi untuk Peserta Didik Baru SMA PGRI 2 Denpasar

LARASBALINEWS.COM – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah berjalan selama 4 hari, secara serempak sekolah di Bali membuka kegiatan MPLS sejak senin (9/7/2018) lalu.

Hari pertama kegiatan MPLS di SMA PGRI 2 Denpasar diawali dengan upacara pembukaan dan pengalungan name tag, kemudian di hari kedua mulai diisi dengan materi-materi, hingga hari keempat kegiatan MPLS, seluruh siswa baru digiring untuk melaksanakan kebersihan di lingkungan sekolah. Tercatat, sebanyak 427 siswa yang resmi terdaftar di sekolah tersebut.

Kegiatan MPLS, selain melibatkan para guru dan juga OSIS, SMA PGRI 2 Denpasar juga mengundang berbagai narasumber dari luar sekolah seperti dari P2TP2A, Kepolisian, Koramil, Dinas Kesehatan.

Menurut ketua panitia pelaksana MPLS SMA PGRI 2 Denpasar, Drs, I Made Suwecana yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan, atas seijin Kepala Sekolah I Komang Arta Saputra mengatakan, kalau penutupan MPLS akan ditutup hari Sabtu (14/7/2018) nanti.

“untuk penutupan kita rancang hari Sabtu, karena kita tambah kegiatannya lagi tiga hari” jelas Suwecana (12/7/2018).

Selain kegiatan mengenalkan lingkungan sekolah, juga akan berlangsung kegiatan tes Psikologi. Untuk tes Psikologi akan dibimbing oleh narasumber dari IKIP PGRI Denpasar dan juga dibantu oleh beberapa orang ahli dari luar sekolah.

Suwecana juga menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tes Psikologi ini untuk mengukur kemampuan para peserta didik baru, agar dapat dibimbing jurusan apa yang layak untuk para siswa ambil.

“kami juga adakan tes psikologi, tes ini bertujuan untuk menentukan anak-anak apakah layak mereka mengambil jurusan IPA” terang Suwecana.

Lanjut Suwecana, “sekalipun mereka berkeinginan untuk mengambil jurusan IPA, tetapi apabila dari tes Psikologi ini tidak memungkinkan untuk mengambil jurusan itu, maka kami (pihak sekolah) akan memanggil orang tua siswa, dan mengajak mereka berbicara, agar tidak memaksakan terhadap daya fikir mereka, kasihan juga kalau dipaksakan” tutupnya.(LBN)