TMMD Kodim 1623 adalah Berkah bagi Warga Karangasem

Amlapura, LARASBALINEWS.COM – Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem merupakan berkah bagi warga setempat. Hal ini sebelumnya tidak pernah dibayangkan oleh I Ketut Merta Jengky.

Benar kata pepatah rejeki tidak dapat dikejar dan malang tidak bisa dihindari. Seperti yang dialami oleh I Ketut Merta Jengky 27 tahun,
laki-laki sebatangkara ini memang mengalami smua ini.

Dirinya harus mengalami kehidupan pahit yang sangat sulit dibayangkan,
sehingga dia harus hidup sendiri sejak kecil.

Hanya mengandalkan belas kasihan sanak saudara dan tetangganya namun dia sekarang sudah menjadi seorang pemuda dengan pekerjaan sehariannya menyadap air irisan pohon kelapa yang dikumpulkan satu minggu sekali.

Hasil sadapan air irisan pohon kelapa selanjutnya diolah menjadi arak.

Kalo dihitung-hitung penghasilannya seminggu tidak lebih dari 180 ribu rupiah.  Itu sebabnya sampai saat ini dia hanya tinggal di sebuah gubuk kecil ber ukuran 3 meter X 3,5 meter ini yang tanpa dapur dan kamar mandi.

Setiap hari dia makan dari hasil kerjanya dgn cara membeli.Tidak jarang dia terpaksa minta tetangga kalau dia tidak punya uang. Itu juga menyebabkan sampai saat ini dia belum berani menikah.

“Ten wenten ajak tiyang. soalne paon kemanten tiyang ten ngelah (tidak ada gadis yang mau dengan saya soalnya dapur saja saya tidak punya)”, begitu terlontar ucapan dari bibirnya sangat lirih.

Dengan dilaksanakannya TMMD Ke 103 di Dusun Guminten ini merupakan berkah yang luar biasa baginya.Tidak disangka sangka Dandim 1623/Karangasem Letkol Benny Rahadian mendatangi gubuknya setelah mendapat laporan dari Pasiter Kapten Cpl I  Gusti Made Darsana.

Prihatin melihat kondisinya apalagi setelah mendapat cerita langsung dari I Ketut Merta Jengky tentang hidup yang dialaminya,
seketika itu Dandim merintahkan Pasiter untuk membantu merehab rumahnya dengan membuatkan dapur dan kamar mandi.
Kita minta Satgas untuk membantu merehab rumahnya.

“Bagaimana dia dapat jodoh wong dapur saja dia tidak punya”, ucap Dandim kepada anggotanya yang mendampingi saat meninjau langsung di rumah I Ketut Merta Jengky.

Mendengar ucapan Dandim, seketika pula anggota bergerak cepat untuk merehab rumahnya dengan dana swadaya yang dicarikan Dandim sendiri.

Sumringah wajah I Ketut  Merta Jengky mendengar ucapan Dandim. Tak henti-henti dia mengucapkan terima kasih kepada Dandim.

“Habis ini pasti banyak cewek mau sama kamu, soalnya sudah punya dapur”, seloroh Dandim sambil meninggalkan gubuk I Ketut Merta Jengky.

Mengamati kegiatan TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem, hubungan antara Satgas TMMD dengan masyarakat memang sangat baik dan mesra termasuk juga Dandim yang sering nongkrong dan kongkow-kongkow untuk sekedar ngopi bareng atau bersimakrama (bersilahturahmi) dengan warga Dusun Guminten.

Harapan kebersamaan ini adalah terjalinnya perasaudaraan dan hasil dari TMMD Ke 103 kerjasama Pemkab dan Kodim 1623/Karangasem dapat bermanfaat dan dinikmati Warga Guminten. (SRI-LBN)